DP3AKB, Bentuk dan Kembangkan “GEMPITA”

Sebagai salah satu implementasi Undang-undang nomor No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, serta dalam upaya mewujudkan kategori capaian Kabupaten Layak Anak menjadi Kategori Madya, Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB)senantiasa terus berupaya melakukan langkah-langkah preventif, salah satunya melalui pembentukan dan pengembangan Gerakan Masyarakat Peduli terhadap Anak (Gempita).

Pada tahun 2020, melalui Kegiatan Peningkatan Kapasitas Perlindungan Anak Berbasis Masyarakat, Gempita dilaksanakan di 12 kecamatan meliputi 180 desa, ke 12 kecamatan tersebut adalah :

  1. Kecamatan Malausma
  2. Kecamatan Llemahsugih
  3. Kecamatan Cikijing
  4. Kecamatan Talaga
  5. Kecamatan Argapura
  6. Kecamatan Banjaran
  7. Kecamatan Maja
  8. Kecamatan Jatitujuh
  9. Kecamatan Ligung
  10. Kecamatan Kertajati
  11. Kecamatan Jatiwangi
  12. Kecamatan Palasah

Tujuan pembentukan Gerakan Masyarakat Peduli terhadap Anak, antara lain adalah :

  1. Mencegah kekerasan terhadap anak, dengan membangun partisipasi masyarakat dalam penguatan 8 fungsi keluarga
  2. Menanggapi kekerasan terhadap anak, dengan melakukan langkah-langkah identifikasi, menolong dan melindungi anak yang menjadi korban kekerasan .

Dengan dibentuknya Gempita, diharapkan dapat lebih mendekatkan pelayanan kepada ke masyarakat, sehingga masyarakat lebih siap, harus bagaimana cara penanganannya, harus lapor kemana, dan menghubungi siapa  apabila terjadi kasus kekerasan dilingkungan sekitarnya.

Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Kepala Unit PPA Polres Majalengka, Ketua LPA Majalengka, dan Psikolog.  Demikian disampaikan Dra. Yuyun Yuhana, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan  Anak, pada DP3AKB Majalengka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *