Inovasi DP3AKB Majalengka, kembangkan Kampung KB sebagai destinasi wisata Kampung KB Bunga

Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat adalah sebuah program dari BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Kampung KB juga merupakan wujud dari pelaksanaan agenda prioritas pembangunan Nawacita ke 3, 5, dan 8. Nawacita ketiga yaitu yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Nawacita kelima yaitu kualitas hidup masyarakat serta Nawacita kedelapan yaitu  melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia.

Kampung KB tingkat nasional dicanangkan oleh Presiden Jokowi di Dusun Jenawi, Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat pada tanggal 14 Januari 2016.

Sampai saat ini terdapat 72 Kampung KB di Kabupaten Majalengka, salah satunya adalah Kampung KB di Desa Argalingga, sejalan dengan semakin berkembangnya sektor wisata di Kabupaten Majalengka, ditunjang dengan potensi alam Desa Argalingga, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana melasanakan terobosan inovasi mengembangkan kampung KB sebagai Destinasi wisata, hal tersebut diharapkan dapat mengungkit tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *