DP3AKB, Bina MOTEKAR guna meningatkan kualitas ketahanan keluarga

Permasalahan kerentanan keluarga telah lama menjadi isu nasional yang penanganannya memerlukan kerja sama yang serius antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Berbagai upaya penanganan permasalahan kerentanan keluarga telah banyak dilakukan, namun penanganannya hanya dilakukan pada ranting permasalahan belum pada akar permasalahan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Majalengka,  melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) mengimplementasikan program Motekar yang dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat  Jabar melalui DP3AB Provinsi Jawa Barat.  Motivator Ketahanan Keluarga (MOTEKAR) merupakan  Tenaga Motivator Ketahanan Keluarga berasal dari masyarakat yang berada di Desa/Kelurahan setempat yang memiliki kemauan , pengetahuan, dan keterampilan bertugas melakukan kegiatan pemberdayaan keluarga melalui sinergitas berbagai program untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga sehingga akan terbentuk ketahanan keluarga.

Sampai saat ini tenaga Motekar yang ada di Kabupaten Majalengka sebanyak 26 orang tersebar di 7 kecamatan yaitu : Maja, Kadipaten, Kasokandel, Cigasong, Jatiwangi, Leuwimunding, dan Ligung.

Dalam upaya meningatkan kualitas tenaga Motekar, DP3AB Kab. Majalengka senantias terus membina dan membimbing para Motekar baik administratif maupun teknis keterampilan dan keahlian, sebagaimana dilaksanakan Pembinaan Motekar  yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2020 bertempat di Aula DP3AB Kabupaten Majalengka yang diikuti seluruh Motekar se Kabupaten Majalengka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *